SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA ^_^ JANGAN LUPA KLICK FOLLOW YA ^_^

Monday, May 9, 2016

USHUL FIQIH

A. Pengertian
1.Syari'ah menurut bahasa arab merupakan aliran air, aliran yang dilalui , atau aliran sungai .Syari'ah bisa disebut juga sebagai jalan terang dan nyata dalam kesejahteraan untuk dunia dan akhirat dan juga syariah secara luas semua aturan allah yang disampaikan kepada rasul-Nya berupa al-Qur'an dan sunnah yang berkaitan dengan hukum-hukum syara'.

2.Ushul fiqih berasal dari dua kata yaitu ushul yang berarti fondasi tertentu dan fiqih merupakan pemahaman, jadi ushul fiqih bisa disebut metode menghasilkan hukum syara'.

3.Fiqih  merupakan paham atau bisa dikatakan pemahaman yang lebih , atau hukum syara' yang menghasilkan mujtahid dari syari'ah ( Al-Qur'an dan Sunnah ).

B. Hukum taklifi
Merupakan sesuatu tuntutan dari suatu pekerjaan mukallaf, atau suatu yang dilakukan maupun berbuat,atau memberikan pilihan antara melakukan dan meninggalkan.

-Macam-Macam Hukum Taklifi
~Wajib = apabila dikerjakan berpahala dan jika ditinggalkan mendapatkan siksaan.
~Haram = apabila dikerjakan akan mendapat siksa dan jika ditinggalkan mendapatkan pahala,contoh seperti mencuri.
~Mandhub = apabila dikerjakan berpahala dan jika ditinggalkan tidak apa-apa,contoh seperti melaksanakan sholat dhuha.
~Makhruh = apabila dikerjakan tidak apa-apa dan jika ditinggalkan berpahala,contoh anak kecil yang cemberut di depan ayah dan ibunya.
~Mubah = apabila dikerjakan tidak mendapatkan pahala begitu juga dengan meninggalkannya,contohnya seperti makan dan minum.

C.Hukum Wadhi'
Merupakan titah Allah swt yang berhubungan dengan suatu berkaitan dengan hukum-hukum syara'.

-Macam-Macam Hukum Wadhi'
~Sebab , maksudnya adanya suatu tanda yang disebabkan contoh seperti kematian sebab adanya warisan ,akad nikah sebab halalnya suami istri.
~Syarat , maksudnya agar syarat tersebut bisa terpenuhi atau sah contoh seperti syarat sah sholat harus menghadap kiblat.
~Mani' , maksudnya adanya penghalangan dalam suatu hukum.

D.Hukum Syara'
adalah seperangkat peraturan yang ditetapkan Allah Swt tentang tingkah laku manusia yang diakui dan diyakini berlakunya serta terikatnya semua umat yang beragama islam.

E.Al -Qur'an
Merupakan kalam Allah swt yang diturunkan kepada nabi muhammad saw dengan perantara malaikat jibril dengan secara mutawatir,lalu mengamalkan kepada semua umat agar menjadikan al-qur'an sebagai pedoman dan petunjuk dalam kehidupan dunia dan akhirat.

D.Sunnah
~Menurut bahasa jalan yang ditempuh baik atau buruk.
~Menurut Ahli Hadis = Segala sandaran dari nabi muhammad saw baik perkataan,perbuatan dan ketetapan.
~Menurut Ushul Fiqih = Segala perkataan,perbuatan maupun ketetapan yang bersumber dari nabi muhammad saw yang digunakan sebagai dalil hukum.
~Menurut Fiqih = Apabila dikerjakan berpahala dan jika tidak dikerjakan tidak apa-apa.